Topi dan Celana Dalam Merah

Awalnya dari lelucon yang diceritakan dalam Bahasa Sunda:

Si Neneng kabogoh Beben ulang taun. Beben bingung, teu apal rek mere kado naon, da kakara bobogohan. Ngahaja meulina oge di mol, ameh alus. Sa enggeus tunyu-tanya ka SPG-na, Beben milih topi bereum.

Beres milih, Beben ka kasir. Kasir riweuh ku nu mayar, bari mungkusan. Bakating ku riweh, topi nu dibeuli ku Beben pahili jeung calana jero bereum nu ibu-ibu disabeulahna.

Kusabab buru-buru, Beben ge teu mariksa deui eusi bungkusanana. Kotret weh Beben nulis kartu selamat bari aya pesan basa basi saeutik, tuluy dibebeskeun kana bungkusan kado.

Di imah si Neneng, Beben nyarios, “Ke we dibukana Neng, mun akang tos uih, ameh surprise!” Padahal hatena degdegan sieun teu kapake kadona.

Sa enggeus Beben balik buru-buru si Neneng muka kado. Pas dibuka rada reuwas, kado na calana jero bereum jeung surat. Panasaran, langsung we dibaca surat na.

Suratna:

“Neng,

Ngahaja akang mangmeserkeun ieu hadiah keur Neng, kusabab akang ge apal, Neng tara nganggo nu kieu mun angkat-angkatan. Ngahaja milih nu beureum, kusabab akang kungsi ningali neng nganggo nu hejo. Akang yakin ukurana pas, sabab samemeh dipeser, ku akang dicobian heula. ukuran urang pan sami. hoyongna mah Neng, tadi mun teu isin, akang nu rek mang-nganggo- keun nana.

Lamun Neng resep hadiah ieu ti akang, ke malem Minggu pas akang apel  diangge nya. Salam sono.

-Akang-

NB: Oh enya Neng, nu keur usum ayeuna, ningali dina majalah sareng pilem mah, nganggo-na rada diturunkeun, ambih buukna katingali sakedik.”

Lalu ada versi Bahasa Indonesia:

Neneng pacarnya Beben ultah. Beben bingung mau kasih kado apa. Pergilah dia ke mal, tanya-tanya ke SPG, akhirnya milih topi warna merah.

Pas bayar, kasirnya lagi ribet. Salah bungkus sama belanjaan pelanggan lain. Tertukarlah sama celana dalam merah belanjaan ibu-ibu di sebelah Beben.

Beben udah gak periksa lagi isi bungkusannya. Dia nulis kartu selamat untuk dicantumkan di kado itu.

Di rumah Neneng, Beben bilang, “Nanti aja dibukanya, supaya surprise!”

Begitu Beben pergi, si Neneng buka kadonya. Isinya celana dalam merah.

Lalu ada suratnya, “Sengaja akang beli hadiah ini buat Neng, karena Akang tau, Neng gak akan pakai ini buat pergi-pergi. Sengaja dipilihin warna merah, karena Akang pernah lihat Neng pakai warna hijau. Akang yakin ukurannya pas, karena sebelumnya sudah Akang coba dulu. Ukuran kita kan sama.

Pesan untuk Neng dari Akang, kalau Neng suka sama kadonya, nanti malam minggu pas Akang apel, dipakai ya.

NB: Oh iya Neng, lihat tren sekarang, menurut majalah dan film, dipakainya agak diturunkan, biar rambutnya sedikit kelihatan.”

Dan versi Bahasa Jawa:

Minah gendak’ane Paijo arep ultah. Paijo bingung arep ngeke’i kado opo. Mlaku nyang mol, takon-takon SPG, akhire milih topi werno abang.

Pas mbayar, kasire rodok ribet. Blonjoane salah bungkus karo duwe’e wong liyo. Ketuker karo sempak abang sing arep dituku ibu-ibu nang sebelahe Paijo.

Paijo wis ora meriksa maneh isi bungkusane. De’e langsung nulis ucapan selamat gae ditempel nang kado iku.

Nang omahe Minah, Paijo ngomong, “Mengko wae dibukak, ojo saiki, ben surprais!”

Ora suwe Paijo lungo, Minah penasaran tho. Langsung bukak kadone, isine sempak abang.

Ono surate, “Sengaja tak tuku kado iki gawe Minah, soale aku ngerti Minah ora bakal nganggo iki gawe lungo-lungo. Tak pilihke werno abang, soale aku tau ndelok kowe nganggo sing werno ijo. Aku yakin iki ukurane pas, soale mau wis tak coba disik. Ukuranmu karo aku lak podho.

Lek Minah suka kado iki, mengko Septu malem pas aku teko, dinggo, yo. Ben tak delok’e.

NB: Oh iyo, ndhelok tren saiki, koyok nang majhalah karo filem, nganggone rodok dimedunke, ben rodhok kethok sithik rambute.”

Hape Ketinggalan

Awalnya dari lelucon dalam Bahasa Jawa:

Jumain bolak-balik tilpon Tugiman, kancane sing malem minggu wingi dolan nyang omahe, ning tilpone ora di angkat angkat.

Akhire Jumain SMS Tugiman. SMS pisanan, “Man kowe neng ngendi?”

Ora ana balesan.

SMS sing ping pindho, “Man, kok ora bales SMS-ku?”

Ora ana balesan maning.

SMS sing ping telu, “Man, Kowe nesu karo aku tho?”

Ora ana balesan.

SMS sing ping papat, “Woi, Man! Nek nesu karo aku ngomong ae! Mosok aku wit esuk tilpon ora di angkat, tak SMS ora di bales! Aku ming arep ngandhani HP-mu keri neng omahku awit mau bengi. Ket isuk mau muni krang-kring terus koyok wong penting ae kon iku, Man! Lha, kuwi durung dadi ketua RT. Lha, sak umpama dadi ketua RT opo ora tambah kementhus!”

Lalu diterjemahkan ke Bahasa Indonesia:

Jumain bolak-balik menelpon Tugiman, temannya yang malam Minggu kemarin main ke rumahnya. Tapi telponnya tidak kunjung diangkat.

Akhirnya Jumain kirim SMS ke Tugiman. SMS sekali, “Man, kamu di mana?”

Tidak ada balasan.

SMS kedua, “Man, kok gak balas SMS-ku?”

Tidak ada balasan lagi.

SMS ketiga, “Man, kamu ngambek sama aku ya?”

Tidak ada balasan.

SMS keempat, “Woi, Man! Kalau kesal sama aku ngomong aja! Mosok aku dari tadi pagi telpon gak diangkat, aku SMS gak dibalas! Aku cuma mau ngasih tau, HP-mu ketinggalan di rumahku sejak semalam. Dari pagi bunyi krang-kring terus seperti orang penting aja kamu itu, Man! Itu belum jadi ketua RT. Kalau misalnya jadi ketua RT bisa tambah sombong dan nyebelin!”

Tabrakan Maut

Awalnya dari lelucon dalam Bahasa Jawa:

Bejo DITANGKEP pak polisi mergo kasus tabrakan maut.

Polisi: “Yok opo’o critané sampek koen nabrak uwong 20 iku?”

Bejo: “Aku nyetir mobil kecepatan 90 km/jam. Pas nang pertelon moro2 rèm-é blong. Nèk ngiwo onok wong lanang loro, lha nèk nengen onok pésta kawinan. Cobak nèk Bapak, pilih nabrak sing endi?”

Polisi: “Yo mesti ngiwo, korbané luwih thithik.”

Bejo: “Persis! Aku yo mikir ngono, Pak!”

Polisi: “Trus la’opo wong2 sing nang pésta kawinan sing kenek tabrak?”

Bejo: “Lhaaa, niku masalahé. Aku wis milih wong lanang loro sing nang kiwo. Eh… dèk-é mlayu nyabrang moro nang pésta kawinan. Dadi aku yo mbanting stir nengen, nguber wong loro mau, Pak!”

Polisi: “Guoobluooogg!”

Bejo: “Enggih leres! Pancen wong lanang loro mau pancene  guooblooogg nggih, Pak Polisi!”

Lalu diterjemahkan ke Bahasa Indonesia:

Bejo ditangkep polisi karena tabrakan maut.

Polisi: Bagaimana ceritanya sehingga kamu bisa nabrak 20 orang?

Bejo: Saya nyetir mobil dengan kecepatan 90 km/jam. Tiba-tiba remnya blong. Kalau banting kiri, ada 2 orang pejalan kaki yang kena. Kalau banting kanan, ada acara resepsi nikah. Coba, bapak pilih yang mana?

Polisi: Banting kiri dong, korbannya lebih sedikit.

Bejo: Persis begitu, Pak, saya juga berpikir demikian.

Polisi: Lalu kenapa orang-orang di resepsi nikah yang kena?

Bejo: Nah, itu masalahnya. Saya sudah mengincar 2 orang di sebelah kiri. Eh, tiba-tiba mereka lari menyebrang ke kanan. Jadi saya banting ke kanan juga.

Polisi: Goblok!

Bejo: Iya benar, Pak! Dua orang itu memang goblok bener ya!

Kumpulan Saran

Menghilangkan bau amis pada ikan

Iris tipis-tipis buah apel, lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut kalau sudah layu.

Minyak atau air untuk memasak ini akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

Mencegah sayuran hijau berubah coklat

Saat merebus sayur, tambahkan setengah sampai satu sendok garam ke dalam air rebusan. Masak selama 1 menit, lalu angkat. Tiriskan dan siram dengan air dingin untuk menghilangkan rasa asin. Siap sajikan.

Jika menumis, gunakan minyak zaitun, cukup sebentar saja agar tidak layu.

Membersihkan permukaan kayu

Gunakan kantong teh seduh untuk membersihkan permukaan kayu, seperti lemari dan lantai. Tanin pada teh mengandung zat yang dapat melunakkan kotoran dan noda.

Memoles perak dengan kulit pisang

Padukan kulit pisang dengan sedikit air untuk membuat pasta pembersih perak.

Menyimpan minyak zaitun

Musuh terbesar minyak zaitun adalah sinar matahari yang dapat membuatnya rusak. Simpan dalam botol berwarna gelap agar minyak zaitun terlindungi.

Merebus jagung dengan microwave oven

Bungkus jagung dengan kertas tipis, lalu masukkan ke dalam microwave oven. Putar beberapa menit sehingga matang.

Mengupas jahe

Gunakan sendok, bukan pisau, untuk mengupas kulit jahe. Dengan demikian tidak akan terlalu banyak daging jahe yang terbuang.

Memasak bawang putih

Semakin dihancurkan dinding selnya, semakin banyak enzim yang dikeluarkan dari bawang putih. Jadi sebaiknya digeprek (ditekan sampai gepeng dan hancur), lalu iris kecil-kecil untuk dicampurkan ke dalam bahan lain.

Menghilangkan bau bawang putih

Gunakan campuran lemon, garam dan baking soda untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan. Untuk menghilangkan bau bawang putih di mulut, minum susu atau kunyah daun peterseli.

Menghilangkan kuning kunyit di tangan

Oleskan minyak pada kulit, lalu gosok dengan kain kering hangat.

Membuat daging sapi menjadi empuk

Cuci bersih daging sapi. Gunakan nanas muda yang telah dihaluskan untuk membalur seluruh permukaan daging tersebut. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan bersih. Daging sapi siap diolah.

Kulit pisang juga dapat digunakan untuk membuat daging menjadi empuk tanpa mengubah cita rasa daging.

Memeriksa kesegaran telur ayam

Rendam telur dalam air di gelas. Telur yang masih segar akan tenggelam sampai ke dasar.

Memotong seledri

Taburkan sedikit garam di atas talenan saat memotong seledri, agar daun-daunnya tidak bertebaran.

Menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya

Rebus daun jambu biji bersama daun pepaya sampai mendidih saja. Tiriskan lalu rebus sekali lagi sampai mendidih. Tiriskan lalu bilas dengan air dingin. Daun pepaya siap diolah.

Menghindari panci berkerak

Tuang minuman soda ke dalam panci yang masih panas, lalu tutup. Soda akan mencegah makanan mengering, menempel dan menjadi kerak di dalam panci.

Membersihkan panci berkerak

Rebus air dengan kulit apel di dalam panci berkerak. Setelah mendidih, matikan api kompor, lalu biarkan air rebusan itu di dalam panci selama 20-30 menit.

Cuci seperti biasa.

Memilih ayam

Pilih ayam potong yang masih berkulit kencang. Warnanya putih cerah, tidak pucat, dan dagingnya tidak lembek. Cermati pula baunya, harus masih segar dan tidak busuk. Pilih ayam yang mulus tanpa cacat dan memar, baik bagian kulit dan tulangnya.

Setelah dipilih, kemas ayam dalam bungkusan disertai es batu agar tetap dingin dan segar sampai saat diolah.

Menyimpan bumbu dapur

Simpan bumbu dapur di tempat yang sejuk dan kering. Bukan di atas kompor, karena kelembapan dan panas akan menghilangkan cita rasa bumbu tersebut.

Menghilangkan kutu dan serangga di beras dan tepung

Masukkan daun salam ke dalam tempat penyimpanan beras atau tepung terigu.

Menghilangkan noda teh dan kopi pada cangkir dan peralatan minum

Tuangkan cuka yang dicampur dengan garam dan baking soda ke dalam  peralatan minum. Biarkan 5 menit untuk melunakkan noda, lalu gosok perlahan untuk membersihkan.

Mengupas udang sebelum dimasak

  1. Tarik bagian kepala dan ekor
  2. Dari arah kepala, tarik kulit luar udang, buang kulitnya
  3. Gunakan pisau, potong sedikit bagian punggung sehingga terlihat pembuluh darah berwarna hitam
  4. Tarik pembuluh darah lalu buang
  5. Udang siap diolah

Tambahkan garam saat merebus pasta

Agar permukaan pasta sedikit kasar dan tidak licin, tambahkan garam saat merebus. Pasta tidak akan menyerap semua garam yang larut di air rebusannya, jadi tidak perlu khawatir rasanya menjadi terlalu asin.

Membersihkan noda kopi dan teh di karpet dan pakaian

Gunakan campuran cuka dan baking soda, atau cuka dan garam. Gosok hingga memudar, lalu ulangi lagi sampai bersih.

Manfaat kulit jeruk

  • Rendam dengan cuka untuk membuat larutan pembersih dapur
  • Penambah aroma pada makanan
  • Campurkan dengan tanah di pekarangan untuk membuat pupuk kompos
  • Letakkan di dasar tempat sampah untuk menyerap bau tak sedap
  • Usapkan pada kulit untuk penangkal nyamuk
  • Keringkan kulitnya untuk dijadikan bahan teh kulit jeruk
  • Dibuat menjadi lilin bersama minyak zaitun

Agar kentang tidak keriput setelah digoreng

  1. Rebus kentang setengah matang
  2. Tiriskan dan biarkan dingin dalam suhu ruangan
  3. Goreng dalam minyak panas
  4. Kalau buih sudah hilang, aduk agar matang merata dan kentang tidak hancur

Mengolah daging kambing

  1. Jangan dicuci, karena akan membuat tekstur daging menjadi alot dan bau makin tajam
  2. Rebus dengan rempah, seperti daun jeruk, jahe, serai dan kemangi
  3. Balur parutan nanas atau bungkus dengan daun pepaya untuk mengempukkan daging kambing
  4. Lumuri dengan jeruk nipis, berguna untuk melunakkan, mengurangi bau amis dan membunuh bakteri

Memotong bawang

Nyalakan lilin di dekat Anda saat memotong bawang agar mata tidak berair.

Menyimpan madu

Simpan madu dalam suhu ruangan yang sejuk dan hindari sinar matahari langsung.

Menyimpan madu di lemari es akan mempercepat madu mengkristal. Untuk mencairkannya, letakkan botol madu pada mangkok air hangat, atau letakkan di dekat air mendidih.

Membersihkan bagian dalam botol

  1. Masukkan air hangat sampai tiga perempat, tambahkan sedikit deterjen dan 1 sendok teh beras
  2. Tutup botol, kocok agar tercampur
  3. Keluarkan isinya, biarkan bagian dalam botol mengering

Menjaga sayuran tetap segar

  1. Masukkan sayuran ke dalam mangkok
  2. Letakkan tisu basah di atasnya
  3. Tutup dengan plastik pembungkus
  4. Masukkan ke dalam lemari es